Breaking News
Aca Asuransi Mobil
image source: freepik.com

Aca Asuransi Mobil

Didirikan pada tanggal 29 Agustus 1956, dengan nama Asuransi Oriental N.V. Pada tanggal 5 Agustus 1958, nama perusahaan diubah menjadi PT Asuransi Central Asia (ACA). Sejak didirikan, ACA telah memainkan peran yang sangat diperlukan dalam pembangunan ekonomi Indonesia. ACA melanjutkan tradisi lebih dari 52 tahun dan telah berkontribusi pada asuransi dan perekonomian, khususnya asuransi umum.

Selain bisnis tradisional perusahaan, ACA juga telah memasuki bidang asuransi mikro melalui jaringan distribusi yang luas di seluruh nusantara. Meskipun preminya rendah dan jaminannya sederhana, ia memberikan perlindungan yang jelas.

Saat ini, ACA memiliki aset Rp3,139 triliun, 59 kantor cabang dan perwakilan di seluruh Indonesia, 1 (satu) unit hukum Syariah berkantor pusat di Jakarta, dan jumlah karyawan kurang lebih 1.300 orang. Per Desember 2009, modal ACA telah mencapai Rp 2,2 triliun, dan nilai RBC (modal risiko) adalah 264,47%, jauh melebihi batas minimum pemerintah 120%.

ACA sendiri menyediakan berbagai produk asuransi, antara lain asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti ASRI.

Berbagai produk lainnya termasuk asuransi kecelakaan diri dan asuransi tanaman serta banyak produk lainnya.

Produk Aca Asuransi Mobil

Asuransi mobil ini terdiri dari 3 jenis, yaitu:

  1. Asuransi Mobil Comprehensive (Gabungan) ACA
  2. Asuransi Mobil ACA Otomate All Risk
  3. Asuransi Mobil TLO ACA

Salah satu perbedaan dari ketiganya adalah jenis perlindungan yang diberikan.
Dalam asuransi mobil all-risk ACA, semua kerusakan ditanggung oleh asuransi, termasuk kerusakan ringan dan kerusakan besar.

Namun, dalam asuransi mobil TLO (Total Loss Only), penggantian hanya akan dilakukan jika kendaraan hilang atau dicuri atau rusak lebih dari 75%.

BACA JUGA:  Asuransi Mobil Mega Insurance

Perbedaan perlindungan ini juga membuat premi yang harus dibayarkan berbeda.
Umumnya, premi asuransi mobil all risk lebih mahal karena memberikan perlindungan yang lengkap.

Asuransi ini memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor.
Akibat tabrakan, pencurian atau kecelakaan lalu lintas lainnya, ganti rugi maksimum adalah 100%.
Jika Anda ingin memperpanjang masa garansi, Anda harus membayar premi tambahan.
Beberapa cakupan tambahan yang dapat Anda tambahkan termasuk asuransi kecelakaan diri penumpang dan pengemudi, tanggung jawab hukum pihak ketiga, dll.

Asuransi Mobil ACA Otomate All Risk

Otomate merupakan salah satu produk asuransi kendaraan bermotor terlengkap dari ACA yang menawarkan berbagai keuntungan dan fasilitas.

Beberapa fasilitas yang dapat Anda rasakan adalah:

  • Mobil pengganti. Jika terjadi risiko dan menyebabkan kendaraan yang diasuransikan diperbaiki lebih dari 48 jam, maka ACA akan memberikan penggantian kendaraan maksimal 5 x 24 jam
  • Cuplikan. Jika mobil rusak atau terjadi kecelakaan, fasilitas derek gratis.
  • Jika kecelakaan tersebut menimbulkan korban jiwa, ACA akan menanggung biaya ambulans hingga Rp 1 juta.

Selain itu, pertanggungan umum yang diberikan oleh Asuransi Otomate meliputi:

  • Perlindungan menyeluruh: Perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian kendaraan bermotor yang disebabkan oleh tabrakan, pencurian atau kecelakaan lalu lintas lainnya, sampai dengan 100% dari nilai pertanggungan.
  • Kerusuhan, huru hara, terorisme dan sabotase, sampai dengan 100% uang pertanggungan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, sampai dengan 20 juta rupiah.
  • Kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, sampai dengan 10 juta rupiah per orang, sampai dengan 4 orang (meninggal saja)
  • Banjir dan gempa bumi, hingga 10% dari nilai asuransi.

Asuransi mobil ACA Otomate terbagi menjadi 3 jenis:

1.Otomate Smart dapat dianggap sebagai Otomate versi ekonomi, beberapa risiko seperti kecelakaan diri, banjir, kerusuhan, terorisme, dll tidak termasuk. Namun, premi Otomate Smart lebih rendah dari ketiganya.

BACA JUGA:  Asuransi Mobil Bca Insurance

2.Otomate Solitaire adalah asuransi mobil terlengkap dari Otomate. Selain memberikan perlindungan menyeluruh seperti standar Otomate.

3.Otomate Solitaire juga memberikan keuntungan lebih. Selain itu, di Otomate Solitaire, Anda dapat melakukan perbaikan di bengkel non-mitra.

Asuransi Mobil ACA TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil ACA TLO adalah asuransi yang menjamin kerugian kendaraan yang disebabkan oleh penyalahgunaan orang lain. Selain itu, asuransi ini juga menjamin kerugian yang disebabkan oleh terguling, terpeleset dan tabrakan lebih besar atau sama dengan 75% dari kerugian casco kendaraan.

Simulasi premi asuransi mobil ACA

Seperti disebutkan di atas, karena cakupan yang lebih luas, harga premi asuransi all risk biasanya lebih tinggi daripada asuransi TLO. Khusus untuk semua asuransi, biaya risiko sebesar 300.000 rupiah untuk setiap penyelesaian kecelakaan tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Untuk harga premi asuransi kendaraan sendiri, lini bisnis tahun 2017 ditetapkan sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi Asuransi Properti dan asuransi kendaraan bermotor.