Breaking News
Asuransi Jasa Raharja Putera
Image Source: Freepik.com

Asuransi Jasa Raharja Putera

Asuransi Jasa Raharja merupakan asuransi yang melindungi seluruh lapisan masyarakat Indonesia dari risiko kecelakaan lalu lintas. Perusahaan melindungi tidak hanya penumpang dalam kecelakaan di jalan, tetapi semua penumpang dalam kecelakaan angkutan umum.

Jasa Raharja adalah perusahaan asuransi sosial yang disponsori oleh pemerintah Indonesia. Perusahaan ini termasuk dalam jenis asuransi sosial yang melindungi masyarakat Indonesia dari kecelakaan hingga kematian.

Di balik kesuksesan perusahaan ini, ada banyak hal yang kurang diketahui masyarakat Indonesia. Untuk lebih jelasnya, lihat artikel LifePal tentang Jasa Raharja dan perlindungan apa yang ditawarkannya kepada masyarakat Indonesia.

Sekilas Jasa Raharja, gabungan dari tiga perusahaan

Jasa Raharja merupakan gabungan dari tiga perusahaan Belanda yang telah dinasionalisasi. Ketiga perusahaan tersebut adalah Bekouw & Mijnssen Firm, Blom & Van der Aa dan Sluyters. Ketiga perusahaan tersebut berlokasi di Jakarta.

Ketiga perusahaan tersebut berganti nama berdasarkan satu kesatuan nama Perusahaan Asuransi Kerugian Nasional (PNAK) Eka Karya. Saat itu, PNAK Eka Karya mengurus semua asuransi, termasuk asuransi jiwa.

Pada tahun 1965, PNAK Eka Karya berganti nama menjadi Jasa Raharja. Fungsi perusahaan sedikit bergeser untuk melindungi penumpang dan kecelakaan lalu lintas. Kedua fungsi tersebut diatur dalam UU 33 dan 34 Tahun 1964.

Isi undang-undang tersebut adalah sebagai berikut:

Undang-undang Nomor 33 Tahun 1964, bersama-sama dengan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1965 tentang Wajib Asuransi Kecelakaan Penumpang pada umumnya, menjelaskan tentang hak atas ganti rugi, khususnya bagi pengguna angkutan umum seperti bus, kereta api, truk, dan feri.

UU No. 34 Tahun 1964 Jo PP No. 18 UU Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan mengartikan hak atas ganti rugi yang diberikan kepada pengguna angkutan pribadi.

BACA JUGA:  Asuransi Syariah

Selama ini Jasa Raharja telah melayani seluruh wilayah di Indonesia.

Jaminan Pertanggungan dan Premi Asuransi Jasa Raharja

Asuransi Jasa Raharja memberikan peningkatan pertanggungan untuk 2 (dua) jenis asuransi sosial, yaitu Asuransi Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum dan Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas.

Masing-masing jenis asuransi ini ditentukan oleh hukum yang berlaku, termasuk sistem pembayaran premi.

Jaminan

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, kedua jaminan sosial Jasa Raharja diatur sepenuhnya oleh UU 33 dan 34 Tahun 1964. Manfaat asuransi Jasa Raharja akan diberikan kepada penumpang sah angkutan umum tersebut.

Manfaat ini dihitung sejak Anda berangkat ke tempat tujuan. Ini tidak sama dengan penumpang bus yang mengalami kecelakaan di kapal feri karena akan dibayar dua kali lipat.

Kualitas tinggi

Sistem pembayaran yang dilakukan juga terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Wajib Iuran (IU) dan Wajib Iuran (SW).

Kontribusi wajib berlaku untuk angkutan umum seperti pesawat, kereta api, bus, dan angkutan umum lainnya. Ini tidak berlaku untuk transportasi umum di dalam kota dan kereta yang jaraknya kurang dari 50 km. Sedangkan sumbangan wajib dikumpulkan oleh pemilik kendaraan pribadi, antara lain 2 (dua) atau 4 (empat) kendaraan bermotor.

Pembayaran premi sangat berbeda dengan produk asuransi lainnya. Dalam pembayaran iuran wajib, premi dibayarkan melalui tarif gabungan. Oleh karena itu, premi asuransi Jasa Raharja sudah termasuk dalam setiap tiket angkutan umum setiap agen angkutan.

Pada saat yang sama, kontribusi wajib dilakukan saat mendaftar atau memperbarui STNK di kantor SAMSAT di setiap kota.